Rabu, 17 April 2013

فيديو التدريس



تدريس اللغة العربية بالفيديو


المفعول به

المفعول به :
1-      المفعول به اسم منصوب يدلّ على من وقع عليه فعل الفاعل ولا تتغيّر معه صورة الفعل.
     مثل :  * يطلب العاقلُ العلمَ ( العلمَ : مفعول به منصوب بالفتحة ).
             * تكرّم الدولة ُ المتفقِين ( المتفقين : مفعول به منصوب بالياء لأنّه جمع مذكّر السالم ).
* و أحلَّ اللهُ البيعَ وحرَّمَ الرّبا ( البيعَ : مفعول به منصوب بالفتحة ),
                                               ( الربا : مفعول به منصوب بفتحة مقدّرة ).
2-      قد يتعدد المفعول به إذا كان الفعل من الأفعال لتي تنصب أكثرمن مفعول.
وهذه الأفعال هي :
( ا )  أفعال تنصب مفعولين أصلها مبتداء وخبر و هي,
-           أفعال الظنّ :  ظنَّ–خَال –حَسِبَ–زَعم–جَعَل – هب .
-          أفعال اليقين :  رأى–علِم–وجد– ألقى – تعلّم (بمعنى اعلم ).
-          أفعال التحويل : صير – حوّل – جَعَلَ – ردَّ – اتخذ – تَخِذ.
                  مثل  : *ظننتُ الرجلَ نائماً ( الرجلَ : مفعول به أول منصوب بالفتحة ),
                                                  ( النائماَ : مفعول به ثانٍ منصوبالفتحة )
                            * خلتُ محمَّداً أخَاكَ ( محمّداً : مفعول به أول منصوب بالفتحة )
                                                   ( أخَاكَ : مفعول به ثان منصوب بالألف لأنّه من الأسماء الخمسة ).
                            * وجد السَا ئرُ الطريقَ وعراً ( الطريقَ : مفعول به أول منصوب بالفتحة )
                                                    ( وعرًا : مفعول به ثان منصوب بالفتحة ).
*تعلَمْ الحياةَ جهادًا ( الحياةَ : مفعول به أول منصوب بالفتحة )
                                                    ( جهادًا : مفعول به ثان منصوب بالفتحة )
                             *واتخذ اللهُ ابراهيمَ خليلاً ( ابراهيمَ : مفعول به أول منصوب بالفتحة )
                                                          ( خليلاً : مفعول به ثان منصوب بالفتحة )
            ( ب ) أفعال تنصب مفعولين ليس أصلها المبتداء والخبر , ومن هذه الأفعال :
                    كسَا – ألبسَ – أعطى – منح – سأل – منع .
              مثل : ألبَسَ الربيعُ الأرضَ حلَّةً زاهيةً ( الأرض : مفعول به أول منصوب بالفتحة )
                                                          ( حلةً : مفعول به ثان منصوب بالفتحة )
                         ( زاهيةً : نعت للمفعول به الثانى منصوب بالفتحة )
3-      يكون مفعول به :
( ا ) إما اسماً معرباً كما في الأمثلة السابقة .
(ب) أو اسماً مبنياً  (ضميرًا متصلًا أو منفصلًا, اسم إشارة, اسمًا موصولًا الخ .... )
      مثل : رأيتكَ  ( الكاف : ضمير متصل مبنى في محل نصب مفعول به )
             إيّاك نعبد ( إيّاك : ضميرمنفصل مبنى في محل نصب مفعول به )
يثجع الجمهورُ هذا اللاعبَ (هذا : اسم إشارة مبنى في محل نصب مفعول به )
(ج) مصدرًا مؤولًا من " أن والفعل " أو من " أنَّ و اسمها وخبرها"
       مثل : أكَّدَت الصحفُ أنَّ الأَمنَ مستتبٌ ( المصدر المؤول من أنَّ وإسمها وخبرها : مفعول به )

4-      يجوزأن يتقدّم المفعول به على فاعله :
 مثل : يجنى القطن الفلاحُ ( القطنَ : مفعول به مقدم منصوب بالفتحة )
فريقًا كذبتم وفريقًا تقتلون ( فريقًا : مفعول به مقدم منصوب بالفتحة )
** ويجب تقديم المفعول به على فاعله إذا كان ضميرًا منفصلًا **
مثل : إيّاك نعبد وإيّاك نستعين .
5-      يجوز أن يخذف الفعل ويبقى المفعول به إذا فهم الكلام .
كأنَّ يسأل : من قابلتَ فتقول عليًّا (والتقدير قابلتُ عليًّا ).
كذلك هناك بعض عبارات شائعة الإستعمال حذف منها الفعل و بقى المفعول به
  مثل : أهلًا و مرحبًا . ومعنها أتيت أهلًا و أتيت سعةً .
6-      الأصل أن يقع المفعول به بعد فعل و فاعل . إلا أن المصدر أو اسم الفاعل
 قد يعملان عمل الفعل فينصب كل منها مفعةلا  به.
مثل : نزكًا الإهمالَ ( الإهمال مفعول به للمصدر منصوب بالفتحة ).
       أنا الشاكر فضلَك ( فضلَ : مفعول به لاسم الفاعل منصوب بالفتحة ).




Kamis, 04 April 2013

Dosen Itu

Pagi itu. . .
kami sedang berada di sebuah kelas yang ruangannya dipenuhi dengan sejumlah sekitar 40 mahasiswa. Sehingga membuat ruangan itu sedikit pengap. Namun, tetap saja. kelas tetap berjalan. Seperti biasa, sebelum pelajaran Dosen itu menanyai materi-materi sebelumnya kepada semua mahasiswanya satu persatu. Hampir semua angkatan 2010 itu dikenal oleh beliau, sampai hafal nama lengkapnya juga. Sungguh Dosen itu, membuat semua mahasiswa kelabakan, kegalauan, semua deh yang jelek2 pokoknya. Semua tugas yang dikumpulkan ke beliau harus PREFECT deh. Kalo nggak, sampai kiamat pun bakalan revisi terus. Bakalan jadi sampah. Presentasi pun harus serius 'n fokus. nggk boleh "guyonan". kalo ada yang kayak gituh, suruh ngulangi.
Pernah suatu hari, ada seorang mahasiswa yang bilang ke beliau, niatya sih ngajak musyawarah mengenai tugasnya karena emang terlalu banyak pembahasannya untuk presentasi. Tapi apa beliau bilang, "iya nggk apa dikurangi pembahasannya, tapi ntar kalian dapet nilai D. Hemmmmhhhhh.
Dan ini cerita selanjutnya, awalnya sihh perkuliahan itu lancar, tapi kemudian saat kelas akan berakhir. Ehh tiba2 berubah kayak neraka.
Dosen itu menjelaskan dengan ketusnya bahwa minggu depan kalian UTS, yaitu menganalisis sebuah teks or nanti kalian mendengarkan sebuah video ntar ambil sebuah penggalan kata dalam percakapan di video itu.
Beberapa saat kemudian, seorang mahasiswa masuk kelas dengan membawa fotocopian, yaitu bagan dari ringkasan materi untuk bahan belajar UTS. Bagan itu dibuat sendiri oleh beliau. Hanya saja kalo niatnya baik tentunya nggak setengah-setengah, sekalian aja. Ini malah ringkasan secara umum, yang mana kita harus mencari istilah-istilah dalam ringkasan itu sendiri. Istilah-istilahnya susah juga. Tapi, ya syukurlah daripada nggk ada ringkasannya sama sekali. Toh dengan ringkasan itu memudahkan kita belajar. Jadi tau sampai materi apa yang dipelajari. 
Namun, masalahnya nggk ini aj. Kebiasaan beliau adalah "suka nyindir" mahasiswa-mahasiswinya. Beliau itu secara nggk langsung bilang kalo "Mahasiswanya itu NGGAK CERDAS". Inilah yang membuat saya bergu- mam dan nggak habis pikir, kog masih ada ya Dosen kayak beliau ini. Semoga para pembaca nggak men- contoh hal-hal yang saya ceritakan diatas. Dan dari beliau ini, saya belajar agar tidak sewenang-wenang dengan anak didik saya nantinya untuk tidak mengatakan hal-hal yang membuatnya minder dan tentunya marah ma saya. Toh, masih banyak cara untuk menyemangati atau memotivasi siswa. Sebenarnya kita, manusia ini semuanya sama. Yang membuat saya dan Dosen itu berbeda karena duluan beliau sekolahnya dari pada saya. Hehehehehehehhhhhhhhh

sekian,
ini adalah cerita nyata yang saya persembahkan buat pembaca. .
salam manis
Linda ^_^